Miliki Hard Skill Ini Saat Masuk Dunia Kerja bersama Skill Academy by Ruangguru


Beberapa tahun silam, aku tersadar akan suatu pandangan besar tentang peradaban manusia yang disebut dengan Teknologi. Teknologi ada dengan tujuan utama adalah mempermudah pekerjaan manusia. Saat ini disekitar kita pun sudah dipenuhi dengan kemudahan yang didukung dengan teknologi, contoh simplenya nih, Menghitung. Dahulu kala, orang-orang ngitung bisa menggunakan alat bantu seperti seikat lidi, sempoa, kalkulator dan sekarang? Sudah ada perangkat smartphone di genggaman anda dengan mudah menyelesaikan masalah hitung-menghitung. Kebutuhan manusia saat ini pun lebih mendetil. Rumah sakit jaman dulu, hanya cukup dokter dan perawat saja untuk menangani pasien. Saat ini? Ada lebih 20 profesi yang dibutuhkan dalam 1 rumah sakit. Hal seperti ini tidak akan berhenti saja di tahun 2019, tetapi akan pesat meningkat semakin maju, tanpa kita sadari.

Kita yang saat ini sudah memiliki pekerjaan di suatu profesi pun harus siap berhadapan dengan kemampuan-kemampuan yang akan dibutuhkan dengan perubahan jaman. Selain soft skill, apa aja sih kemampuan teknis yang harus kita siapkan agar bisa bertahan di dunia kerja? Ini ala ala aku ya :
  1. Kemampuan bahasa Inggris (reading, speaking, writing
  2. Familiar dengan komputer & smartphone, pokoknya gak boleh gaptek
  3. Kemampuan menulis, jangan cuma jadi silent reader yang gak pernah meninggalkan jejak komentar
  4. Public speaking, minimal berani ngomong di depan orang banyak
  5. Data literacy, ilmu yang mempelajari rumus-rumus di excel itu lho
  6. Design, mulai bikin poster sendiri buat jualan kue kering waktu lebaran udah cukup sepertinya

Source : https://id.pinterest.com

Nah, sudah sampai mana kemampuanmu hari ini? Walaupun kita udah punya pekerjaan tetap, jangan pernah lengah untuk berhenti belajar. Suatu saat kesempatan untuk naik ke level lebih tinggi akan datang dan kita harus siap. Kemampuan ala aku diatas bisa sangat membantu agar kita bisa cepat beradaptasi dan menguasai level baru kita. Break Out of Your Comfort Zone.  

Udah mulai galau akan masa depan? Jangan khawatir, aku punya solusi. hahaha. Jangan habisin waktu dan kuota internetmu hanya untuk nonton trending topic di youtube aja atau malah nonton drakor yang kisahnya tak sesuai realita hidup. Saatnya move on, guys. Ada cara meningkatkan kemampuan-kemampuan teknis melalui video online, banyak banget di youtube atau bisa juga melalui Skill Academy by Ruangguru. Ini salah satu inovasi terbaru Ruangguru yang fokus pada “pekerja” atau "calon pekerja" yang akan memasuki dunia kerja. Eh tapi ada kelas entrepreneur juga ding. Jadi video-video di Skill Academy itu ada silabusnya persis seperti guru yang sedang mengajar di kelas. Misalnya nih kelas yang aku ikuti sekarang adalah “Tingkatkan Produktivitas dengan Microsoft Excel” di kategori teknologi dan software. Ada 7 topik dengan durasi total 2 jam-an dan di breakdown dalam 21 video. Materi online ini sampaikan langsung oleh Kak Adilla Inda, VP Marketingnya Ruangguru lho, kurang mantep apa coba.

Source : https://skillacademy.com/

Materi Tingkatkan Produktivitas dengan Microsoft Excel
Source : https://skillacademy.com/

Source : https://skillacademy.com/
Kenapa aku pilih kelas ini karena ini salah satu jalanku untuk menguasai kemampuan Data literacy, poin 5 dari kemampuan yang ingin aku capai untuk bertahan hidup kerja. Dikelas ini, kita akan diajarkan cara memaksimalkan program excel untuk mengolah data yang besar serta analisisnya juga. Data adalah salah satu aspek penting dalam perusahaan untuk mengambil kebijakan, menentukan strategi bisnis dan mengatasi masalah perusahaan sehingga sangat dibutuhkan kemampuan mengolah data.


Source : https://skillacademy.com/
Oia enaknya kursus online seperti ini, kita bisa belajar saat udah pulang kerja atau libur, kapan aja dan dimana aja. Sayangnya Skill Academy baru bisa diakses melalui browser dan belum ada aplikasinya, walaupun begitu aku yakin nantinya akan tersedia di aplikasi playstore/appstore karena kelas online kayak gini sangat membantu banget. Kabar gembira lain, saat ini Skill Academy lagi ada promo diskon 50% lho pake kode UPGRADESKILL sampai 31 Oktober. Lalu, misal kamu punya kartu kredit BNI ada diskon 50% + tambahan 30ribu pake kode BNIUPSKILL. Coba deh bayangkan kelas “Tingkatkan Produktivitas dengan Microsoft Excel” itu harganya 150ribu, pake diskon UPGRADESKILL jadi cuma 75ribu saja, bisa diakses selamanya lagi. Yuk langsung kepoin kelas-kelas menarik lainnya di link https://skillacademy.com/ ya. Stay productive!!!!

Komentar

Postingan Populer