Proyek akhir oh Proyek akhir

Salam karya ilmiah #tsahhhhh...
-cobaannya mahasiswa-
kemarin saya sudah melewati ujian proyek akhir yang berdarah-darah, kebiasaan mahasiswa UNY, kesalahan ada pada penulisan diagram alir, tata tulis, koma titik, bahasa yang kurang ilmiah...   rada akhir2 ni jauh ketinggalan daripada teman2 seperjuangan saya, proyek akhir di Boga UNY emang banyak kontroversi diawal karena dengar2 banyak perbedaan pendapat dan konsep antar dosen2 disini yang kalau dilihat secara detail lagi dosen yang jebolan teknologi pangan dan dosen boga. Konsep PA (proyek akhir) kakak tingkat sebelumnya membuat sebuah produk baru yang lebih inovatif seperti contoh ni brownis tinggi serat, nah lo, secara brownis biasanya pake mentega, telur dan coklat yang bukan serat dan bkin kolestrol naik serta penimbunan lemak pada tubuh alias genndutt *_* dibuat menjadi brownis yang sehat dan tentu saja diminati oleh masyarakat. 

Diawal2 kuliah dulu kami mahasiswa baru saat itu udah diberi gambaran sama dosen (jebolan teknologi pangan) untuk memikirkan produk baru yang lebih inovatif...  weitssssssss  sebenarnya kami belum sempat memikirkan ide produk pribadi apa yang akan dibuat pada proyek akhir sampai ketemu semester 5, ternyata konsep berubahhhhh, seiring dengan adanya pertemuan2 dosen untuk konsep baru ini.
konsepnya adalah jreng jreng   masakan nusantara dengan penggantian bahan dasar lain, jadi misal ni ambil masakan khas surabaya ambil 3 jenis menu masakan yaitu appetizer, main course, dessert dengan bahan dasar jamur, nah bahan dasar pokok dimasakan tersebut diganti dengan jamur semua, kalau rawon biasanya pake daging lalu diganti jadi rawon jamur. 

Proyek akhir ini sebenarnya dibuat dengan sistem yang enak karena harapannya supaya tidak ada yg kececer mahasiswanya dibuat jadwal mengenai pengajuan judul, pembimbing, pembuatan proposal dan proses pembuatan produk, pameran dan sampai pada ujian proyek akhirnya. disini bimbingan tetap harus dilakukan dengan para dosen pembimbing dengan waktu2 yang telah ditentukan. 

Pada prosesnya semua berjalan lancar sampai pada pameran. hanya pada ujian proyek akhir yang sudah dibuatkan jadwal dan pengujinya ini karen terjadi lagi ketidak sinkronnya jadwal yang dibuat jurusan dengan jadwal para dosen karena ujian dibuat pada hari Sabtu.   Jadi alternatif mengganti hari atau mengganti penguji itu semua kebijakan pembimbing dan bagian jurusan. Masalah lain adalah beberapa dosen yang kurang sepakat dengan konsep baru ini susah sekali bekerja sama, misal untuk bimbingan atau menjadi penguji. 

Alhamdulillah Proyek akhir saya selesai bulan Januari 2012 kmrn (lupa belum posting masih tersimpan didraft blog, ____-") walaupun agak merangkak, ujian mundur karena pembimbing keluar kota. dan salah satu masalah yang terjadi motivasi saya  berorganisasi lebih besar daripada mengerjakan proyek akhir ini sehingga kena marah dosen pembimbing juga yang menjabat sebagai ketua prodi dan salah satu pembangun konsep Proyek akhir ini. Salut kepada Pembimbing saya ini yang dengan perhatiannya memarahi saya gara-gara kurang semangat :p. maaf ya bu, anda adl salah satu dosen yg menginspirasi saya. 

Akhirnya, berakhir juga ini Proyek akhir .. go to Skripsi .... :D

sumber gambar : rmfhp.wordpress.com

Komentar

Postingan Populer